Tips membuat CV Lamaran Kerja yang menarik

Menulis resume atau CV lamaran kerja tampaknya menjadi tugas yang sederhana, namun para ahli mengatakan penting untuk menghindari kesalahan yang umum dalam CV. 

Penting untuk diingat bahwa HRD menerima ratusan atau ribuan CV untuk suatu pekerjaan dan menurut penelitian terbaru, mereka tidak menghabiskan lebih dari 6 detik untuk membaca masing-masing. Karena itu, CV yang kita buat harus menarik perhatian HRD.

1. Deskripsikan dirimu secara singkat, padat, dan jelas

Ketika membuat CV ada banyak kekeliruan bagaimana menjelaskan detail personal identitas dengan selengkap-lengkapnya. Sebagai informasi yang diperoleh dari salah satu consultant cv writing bahwa ketika menulis personal indentitas pribadi di CV, Kamu hanya perlu menyebutkan dan menjelaskan informasi penting saja. Contohnya sebut dan jelaskan nama, usia, latarbelakang pendidikan, pengalaman bekerja, kelebihan dan passion kamu

2 Informasi pendidikan terakhir

Terdapat Kesalahan saat melamar pekerjaan di mana semua riwayat pendidikan ditulis. Kamu mungkin akan berpikir bahwa CV akan terlihat menarik jika semua riwayat pendidikan disertakan, namun HRD hanya akan fokus dengan dua pendidikan terakhir kamu. Infokan dengan detail mengenai riwayat pendidikan terakhir kamu dan usahakan ditulis dengan cara yang kreatif.

3. Informasi skill di sesuaikan dengan posisi yang akan dilamar

HR hanya membutuh waktu kurang dari 5 menit untuk membaca keseluruhan CV kamu, sebaiknya cantumkan skill yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Informasi yang perlu kamu sampaikan adalah sesuatu yang bersifat singkat, padat, dan jelas, sesuai dengan jabatan yang dilamar. Contohnya, misal saat ini kamu melamar untuk posisi writer, tentunya skill yang kamu tulis adalah yang berhubungan dengan bidang penulisan, seperti SEO, content writer, atau sejenisnya

4. Informasi dua pengalaman bekerja terakhir

Jika kamu freshgraduate yang masih mencari kerja, tentunya pengalaman kerja kamu belum banyak. Apalagi benar-benar belum memiliki pengalaman kerja. Jika kamu pernah mengikuti kegiatan magang atau pun freelance baiknya di informasikan. Menjadi nilai plus apabila kegiatan magang atau freelance sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Sebaiknya informasikan dengan cukup singkat dan jelas mengenai riwayat pekerjaan kamu. Dan sebaiknya juga jika kamu memiliki riwayat pengalaman bekerja yang cukup banyak, ada baiknya ngga perlu kamu informasikan semuanya. Cukup informasikan riwayat pengalaman bekerja terbaru dan pekerjaan yang memiliki korelasi dengan posisi yang saat ini kamu lamar.

Baca Juga  : Tips mencari pekerjaan 

5. Informasi contact person dicantumkan dengan jelas

Kesalahan fatal yang harus kamu hindari saat melamar kerja baik melalui email atau mengirim hardcopy perlu menjadi kewajiban alamat email tersebut harus domain resmi email kamu, seperti [email protected] Gunakan domain email resmi dan hindari domain email kantor saat ini kamu bekerja atau email yang sifatnya tidak serius, misalnya [email protected] karena jika mengirimkan surat lamaran kerja melalui email resmi kantor, kamu di cap sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab dalam mempergunakan fasilitas kantor yah seperti salah satunya email kantor saat ini kamu bekerja. Nomor telepon yang di cantumkan juga adalah nomor yang valid. Seperti nomor HP atau nomor telepon rumah. Lagi, jangan cantumkan nomor tlp kantor atau lain sebagainya.

6. Sertakan URL untuk melihat profil online 
Sangat penting bahwa profesional memiliki profil online. Sekitar 86% manajer Sumber Daya Manusia mencari kandidat di web.

7. Membalik urutan kronologis 

Hal yang paling bermanfaat bagi perekrut atau HRD adalah dengan cepat dapat melihat apa yang telah Anda lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Hampir selalu disarankan untuk menggunakan urutan kronologis terbalik kecuali bila Anda ingin membuat perubahan karier sepenuhnya.

8. Gunakan kata kunci 

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa banyak departemen Sumber Daya Manusia sudah menggunakan beberapa jenis perangkat lunak untuk mencari kata kunci tertentu di CV.

9. Hitung prestasi Anda 
Banyak kesalahan yang dibuat dalam mengirim CV adalah menempatkan pencapaian dalam blok dengan kepadatan kata yang tinggi. Tidak peduli berapa banyak pengakuan yang telah Anda capai, cobalah hanya memasukkan 3 hingga 5.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *